Peran Manajer Menurut Mintzberg

1.  Interpersonal Rule



a.      Figure Hand
Figure artinya bahwa seorang manajer merupakan simbol. Manajer harus berperan melakukan tugas rutin yang berkaitan dengan tugas-tugas resmi dan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat sosial. Contohnya memberi sambutan pada acara resmi, membuka acara yang diselenggarakan, menjadi penanggung jawab setiap kegiatan dan meresmikan acara seperti pemotongan pita.
b.      Leader
anajer bertugas sebagai pemimpin dalam sebuah group/tim, departemen  ataupun organisasinya. Menyeleksi dan Melatih karyawanya serta mengelola kinerja dan memotivasi karyawannya serta mengatur anggotanya melalui pembagian kerja agar tujuan dapat tercapai.
c.       Laison
Manajer harus menjalankan peran dalam hal mencari, menerima berbagai informasi pengembangan pemahaman terhadap perusahaan. Seorang manajer harus membangun dan menjaga komunikasi dengan kontak Internal perusahaan maupun kontak eksternal perusahaan.

2. Informasional Rule
a.       Monitoring
Manajer harus mengetahui informasi yang dibutuhkan saat ini sehingga manajer dituntut berperan sebagai pencari informasi yang berkaitan dengan perusahaan dan organisasinya. Seorang Manajer juga memantau tim yang dipimpinnya baik dari segi produktivitas, kinerja maupun kenyamanan kerja anggota timnya.
b.      Dessiminator
Manajer harus pandai menfilter informasibaik kepada internal maupun eksternal perusahaan. Manajer harus dapat membedakan antara informasi yang berasal dari fakta (kebenaran) atau informasi yang bersifat interpretasi.
c.       Spokesperson
Manajer harus mengetahui pembicaraan yang dibutuhkan dalam perusahaan atau menjadi pembicara antar perusahaan dalam hal menyampaikan dan menyebarkan informasi kepada pihak luar kegitan-kegiatan ataupun produk dan hasil yang dicapai.

3. Decisional Rule

a.       Negotiator
Manajer harus pandai bernegosiasi dengan supplier, pihak perusahaan lain, ataupun pelanggan serta berpartisipasi atau mengambil bagian dalam melakukan negosiasi dengan pihak luar untuk memperjuangkan kepentingan bisnis perusahaannya.
b.      Recouce Allocating
Manajer berhak untuk memindahkan karyawan dan berpartisipasi atau mengambil bagian dalam melakukan negosiasi dengan pihak luar untuk memperjuangkan kepentingan bisnis perusahaannya baik material, machine, money dan sumber day industry yang lain.
c.       Disturbace handler
Manajer mampu mengatur segala planningnya dengan handal serta dituntut menjadi penengah dan mencarikan alternatif strategis untuk menyelesaikan dalam konflik yang terjadi baik diluar maupun didalam perusahaan.
d.      Enterpenuer

Manajer harus memecahkan masalah dan menghasilkan ide-ide baru serta menerapkannya dalam organisasi. Manajer harus mengembangkan organisasi menjadi lebih profit, lebih baik dan lebih skses. Penyelesai masalah, manajer mempunyai tanggung jawab terhadap tindakan perbaikan ketika terjadi masalah yang tidak diharapkan dan membuat proyek-proyek perbaikan serta peningkatan kualitas dan produktivitas.

Referensi : P. Robbins, Stephen dan Coulter, Mary. 2016. Management Thirteenth Edition Global Edition. Britania Raya, London : Pearson

Komentar

Postingan Populer