Mengapa Manajemen itu Penting ?
Manajemen adalah strategi untuk mengatur seseorang atau massa agar
dapat mencapai tujuan. Sebuah bisnis tidak bisa berjalan tanpa manajemen karena
manajemen adalah fondasi utamanya. Manajemen pada dasarnya memiliki tujuan
untuk memperoleh keuntungan sebanyak – banyaknya dengan beban yang minimal.
1.
Membantu Mencapai Tujuan Grup
Ilmu manajemen membahas mengenai hal seperti:
pengaturan faktor produksi, mengumpulkan dan mengatur sumber daya,
mengintegrasikan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan. Hal ini
mengarahkan usaha kelompok menuju pencapaian tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya. Dengan mendefinisikan tujuan organisasi dengan jelas, tidak akan
ada pemborosan waktu, uang dan usaha. Manajemen mengubah sumber daya manusia,
mesin, uang menjadi hal yang sangat bermanfaat. Sumber daya ini
dikoordinasikan, diarahkan, dan
dikendalikan sedemikian rupa sehingga perusahaan bekerja menuju pencapaian
tujuan.
2.
Pemanfaatan Sumber Daya Optimal
Manajemen memanfaatkan semua sumber daya fisik
dan manusia secara produktif. Hal ini lah yang menjadi keunggulan dalam
manajemen. Manajemen menyediakan pemanfaatan sumber daya yang terbatas dengan
memilih alternatif terbaik yang ada di
industri dari berbagai kegunaan yang bisa digunakan. Hal tersebut memanfaatkan
ahli, profesional untuk penggunaan keterampilan, pengetahuan, dan pemanfaatan
yang tepat serta menghindari pemborosan.
3.
Mengurangi Biaya
Manajemen selalu mengupayakan untuk
mendapatkan hasil yang maksimal melalui input yang minimal dengan perencanaan
yang tepat. Dengan kata lain menggunakan input minimal dan mendapatkan output
maksimal. Manajemen menggunakan sumber daya fisik, manusia dan keuangan
sedemikian rupa sehingga menghasilkan kombinasi terbaik. Ini membantu dalam
pengurangan biaya.
4.
Menjadi Organisasi yang Baik
Tidak ada tumpang tindih dalam melakukan usaha (kelancaran dan
terkoordinasi fungsi). Untuk membentuk struktur organisasi yang baik merupakan
salah satu tujuan manajemen yang selaras dengan tujuan organisasi. Untuk
pemenuhan hal tersebut, maka dibentuklah hubungan kewenangan dan tanggung jawab
yang efektif, yaitu siapa yang bertanggung jawab kepada pihak yang dapat
memberikan instruksi kepada atasan & bawahannya. Manajemen mengisi berbagai
posisi dengan orang yang tepat, memiliki keterampilan, pelatihan dan
kualifikasi yang tepat. Semua pekerjaan harus dibersihkan untuk semua orang.
Source:
http://www.managementstudyguide.com/management_importance.htm
Komentar
Posting Komentar