Mengapa Manajemen itu Penting ?

Manajemen adalah strategi untuk mengatur seseorang atau massa agar dapat mencapai tujuan. Sebuah bisnis tidak bisa berjalan tanpa manajemen karena manajemen adalah fondasi utamanya. Manajemen pada dasarnya memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan sebanyak – banyaknya dengan beban yang minimal.
1.       Membantu Mencapai Tujuan Grup
Ilmu manajemen membahas mengenai hal seperti: pengaturan faktor produksi, mengumpulkan dan mengatur sumber daya, mengintegrasikan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan. Hal ini mengarahkan usaha kelompok menuju pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan mendefinisikan tujuan organisasi dengan jelas, tidak akan ada pemborosan waktu, uang dan usaha. Manajemen mengubah sumber daya manusia, mesin, uang menjadi hal yang sangat bermanfaat. Sumber daya ini dikoordinasikan, diarahkan,  dan dikendalikan sedemikian rupa sehingga perusahaan bekerja menuju pencapaian tujuan.
2.       Pemanfaatan Sumber Daya Optimal
Manajemen memanfaatkan semua sumber daya fisik dan manusia secara produktif. Hal ini lah yang menjadi keunggulan dalam manajemen. Manajemen menyediakan pemanfaatan sumber daya yang terbatas dengan memilih alternatif  terbaik yang ada di industri dari berbagai kegunaan yang bisa digunakan. Hal tersebut memanfaatkan ahli, profesional untuk penggunaan keterampilan, pengetahuan, dan pemanfaatan yang tepat serta menghindari pemborosan.

3.       Mengurangi Biaya
Manajemen selalu mengupayakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal melalui input yang minimal dengan perencanaan yang tepat. Dengan kata lain menggunakan input minimal dan mendapatkan output maksimal. Manajemen menggunakan sumber daya fisik, manusia dan keuangan sedemikian rupa sehingga menghasilkan kombinasi terbaik. Ini membantu dalam pengurangan biaya.
4.       Menjadi Organisasi yang Baik
Tidak ada tumpang tindih dalam melakukan usaha (kelancaran dan terkoordinasi fungsi). Untuk membentuk struktur organisasi yang baik merupakan salah satu tujuan manajemen yang selaras dengan tujuan organisasi. Untuk pemenuhan hal tersebut, maka dibentuklah hubungan kewenangan dan tanggung jawab yang efektif, yaitu siapa yang bertanggung jawab kepada pihak yang dapat memberikan instruksi kepada atasan & bawahannya. Manajemen mengisi berbagai posisi dengan orang yang tepat, memiliki keterampilan, pelatihan dan kualifikasi yang tepat. Semua pekerjaan harus dibersihkan untuk semua orang.


Source:  http://www.managementstudyguide.com/management_importance.htm

Komentar

Postingan Populer